Selasa, 13 Mei 2014

MASAIL BULETIN II


Soal
Bagaimana hukumnya jual beli diwaktu khotbah jum'at ?
Jawab:
Melakukan jual beli pada waktu adzan jum'at sampai selesai sholat jum'at hukumnya HARAM, namun hukum jual beli tersebut tetap sah.
Keterangan : I'anathutholibin juz. 2, hal. 95

Soal
Karena kemajuan teknologi kita tidak kesulitan membuat sumur artetis (sumber buatan) guna untuk mengairi sawah dll, berapakah zakat tanaman yang diairi dengan sumur tersebut?
Jawab
Kalau sumur tersebut milik pribadi, zakatnya 10% (seperti ketika diairi dengan saluran air) dan jika milik orang lain baik dengan cara membeli, hibah atau ghosob maka zakatnya 5%.
Keterangan : 1. Al-Majmu’ juz 5 hal. 462
2. Nihayatul Muhtaj juz 3 hal. 76-77

Soal
Saya mempunyai Ibu mertua yang sudah sangat tua dan sakit serta akal ingatannya hampir seperti anak kecil, hingga tidak bisa berjalan. Untuk buang air besar atau buang air kecil, harus digotong ke WC.
Pertanyaan
a. Bagaimana cara wudhu dan sholatnya ?
b. Cara apakah yang harus dilakukan anak-anaknya untuk memenuhi sholat ibu tersebut ?
Jawab
Jika yang dimaksud dengan “akal ingatannya seperti anak kecil” dalam pertanyaan adalah pikun (hilang akal sehatnya) maka orang tersebut tidak berkewajiban sholat. namun jika yang dimaksud tidak seperti itu, maka cara berwudhunya dengan diwudhukan (dibantu dalam melakukan wudhu), adapun sholatnya sesuai dengan kemampuannya (dengan duduk, tidur miring, tidur terlentang dan isyarat) dan anaknya harus membantu agar terpenuhi syarat-syarat sahnya sholat sekaligus sholatnya.
Keterangan : 1. Mabadi Fiqhiyah Juz 4 Hal. 19 & 21
2. Hasyiyah al Bajuri Juz 1 Hal. 46

Soal
Apakah boleh melakukan pengobatan menggunakan barang najis?
Jawab
Pengobatan menggunakan barang najiz (selain arak) diperbolehkan menurut mayoritas ulama, kalau memang tidak ditemukan sesuatu yang suci yang bisa dijadikan obat, dan ulama sepakat tidak memperbolehkan, bila masih ditemukan barang suci yang bisa dijadikan obat.
Keterangan : Al-Majmu' juz 9 hal. 50


Tidak ada komentar:

Posting Komentar