Sabtu, 10 September 2016

PEMAKAMAN



Sebelum Prosesi pemakaman dilaksanakan,keadaan mayit harus sudah selesai dimandikan,dikafani,dan disholati.setelah persiapan tadi sudah tercukupi maka untuk selanjutnya mempersiapkan liang kubur.
KRITERIA KUBUR
1. Minimal liang kubur harus dapat mencegah dari galian hewan buas dan terciumnya bau.
2. Liang kubur yang sempurna sedalam tinggi orang yang melambaikan tangan, walaupun mayit masih bayi. Bila tanahnya keras dibuatkan liang lahat dan apabila tanahnya gembur dibuatkan cempuri, (liang lahat adalah lobang dibagian bawah sisi barat/tembok barat, adapun cempuri lubang ke bawah lubang kebawah seperti parit)
PROSESI PEMAKAMAN
Prosesi yang paling baik jenazah di turunkan dari arah selatan, dengan cara keranda diletakkan di selatan kubur (kepala mayit di utara) lalu mayit diangkat dari keranda,diturunkan ke kubur dan dibacakan doa :
selanjutnya mayit diletakkan dalam liang lahat atau cempuri, kemudian mayit wajib dihadapkan kiblat dengan posisi tidur miring dan disunahkan bagian badan yang kanan di bawah,kepalanya di utara untuk wilayah Indonesia.lalu badan mayit bagian depan disandarkan ke dinding dan badan mayit bagian belakang diganjal dengan sesuatu supaya mayit tidak menjadi terlentang/tengkurap, setelah itu bagian pipi kanan di buka lalu ditemukan dengan tanah, dengan cara pipi mayit bagian bawah di beri tanah berbentuk bantal (gelu) untuk menunjukkan rasa rendah dan hinanya manusia. Semua tali kafan mayit sunah dilepaskan,kemudian liang lahat/cempuri wajib di tutup dengan papan/sesuatu yang menghalangi bertemunya mayit dengan tanah penutup galian.
Orang – orang yang menerima mayit didalam liang kubur walaupun bagi mayit perempuan harus orang laki-laki dan disunahkan berjumlah ganjil. Dan ketika memasukkan mayit kedalam liang lahat sunah membaca doa:

Sedangkan Bagi orang yang berada di sekitar kubur disunahkan ikut mengambil tanah timbunan 3 kali (genggam) di masukkan ke kubur dengan membaca do'a sebagai berikut:
Lemparan ke 1: منها خلقنكم اللهم لقنه عند المساءلة حجته
Lemparan ke 2: منها نعيدكم اللهم افتح ابواب السماء لروحه
Lemparan ke 3: منها نخرجكم تارة اخرى اللهم جاف الاءرض عن جنبيه
dan disunahkan juga mengambil segenggam tanah galian dan di masukkan ke kubur dengan membaca surat al_Qodr 7 X .
tanah galian tidak boleh di tinggikan lebih dari sejengkal dan harus di ratakan, kubur sunah di siram dengan air,di beri kerikil yang di ratakan dan di beri sebuah kayu atau semisalnya, yang terakhirdi bacakan talqin dan doa tasbit (dengan cara penalkin duduk dan hadirin berdiri).

1 komentar:


  1. It's a shame you don't have a donate button! I'd most certainly donate to this fantastic blog! I guess for now i'll settle for bookmarking and adding your RSS feed to my Google account. I look forward to new updates and will share this site with my Facebook group. Chat soon! aol.com email sign in

    BalasHapus